01 June 2012

Tips Menata Ruang Tamu Mungil


Dewasa ini banyak orang yang lebih menyukai model  rumah mungil yg minimalis. Apakah rumah mungil identik juga dg hemat bahan bangunan?
Pada desain rumah mungil, tentunya segala ruangan juga akan berukuran mungil, termasuk ruang tamu. Maka dari itu, untuk menata ruang tamu yang kecil atau mungil, hendaknya Anda jangan memenuhi ruang tamu dengan furniture yg bulky (berukuran besar).
Tips menata ruang tamu yang mungil sebenarnya sangat sederhana, cukup menggunakan sofa dengan dua tempat duduk (two seaters), satu sofa single seater, dan satu meja kecil.

Nah… jika ternyata masih terdapat ruangan lebih, Anda bisa menambahkan meja sudut. Dan apabila memungkinkan untuk furniture, letakkan furnitur bersandar/menempel ke dinding, hal ini dilakukan agar ruang tamu mungil terlihat tetap lega atau longgar.
Namun, jika luas ruang tamu Anda terbatas, maka akan lebih cocok bila diisi dengan furniture yang ringan. tempat duduk yang tebal, seperti sofa memberi kesan berat. Karena pemilihan sofa yang tepat bisa menjadikan ruang tamu tidak terkesan penuh. Jangan terpaku pada ukuran sofa standar (umumnya lebar 80cm) karena akan membuat ruangan semakin sempit.
Untuk menyiasatinya, pilihlah sofa dengan ukuran lebih kecil yakni, 60 cm atau 50 cm. Jika sofa ingin diletakkan menempel pada dinding, pilih sofa tanpa sandaran. Ini akan menghemat ruang ataupun juga sofa tanpa sandaran lengan.
Dalam menata ruang tamu di rumah idaman Anda, hal yang terpenting adalah peletakan furnitur tidak mengganggu alur sirkulasi dari pintu masuk ke ruang-ruang lainnya.
Adapun untuk rumah yang mempunyai ukuran ruang tamu yang lebih besar, bisa menggunakan sofa dengan ukuran yang cukup besar, misalnya dengan sofa 3-2-1 seaters dan dengan meja tamu dan meja sudut dengan peletakkan yang hampir sama dengan rumah mungil.
Untuk hasil yang lebih menarik dan agar tidak monoton, coba untuk menggabungkan dua buah sofa yang berbeda. Beda disini maksudnya adalah beda bentuk, beda desain, ataupun beda warna. Untuk menjembataninya carilah benang merah antara keduanya, misalnya berupa warna yang senada. Bisa juga spt contoh gambar dibawah ini, material sofanya berbeda, tapi menggunakan warna bantalan kursi yg sama.


Selamat berkreasi!


sumber: ideaonline.co.id

No comments:

Post a Comment